Ide | Hayalan: Listrik Tenaga Sirkulasi Air

Beberapa hari yang lalu saya jalan-jalan dengan anak saya di perumahan dimana saya tinggal. Tanpa sengaja saya melihat salah satu rumah yang memiliki penampungan air cukup besar yang saat itu tumpah karena sepertinya otomatisnya rusak. Saat itu yang menjadi daya tarik saya adalah bunyi suara air yang jatuh dan berbenturan dengan lantai cukup keras sekali, berarti air yang jatuh dengan jumlah tertentu dengan ketinggian tertentu memiliki tenaga grafitasi yang cukup menciptakan suara benturan.

Saya berpikir kok sepertinya ada unsur mubajir (terbuang sia-sia) atas tenaga grafitasi itu. Andaikan nilai dari tenaga grafitasi itu dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir, dan lalu kincir itu menggerakkan turbin dan turbin menghasilkan tenaga listrik, alangkah bermanfaatnya.

Ah..hayalan saya tadi itu sedikit saya gambarkan seperti gambar di bawah ini:


Saya bukanlah ahli Fisika yang dapat menghitung berapa volume air yang diperlukan, dan dengan ketinggian berapa meter air harus dijatuhkan sehingga menghasilkan kecepatan dan percepatan yang menghasilkan tenaga dorong yang dapat menggerakkan roda kincir, dan kincir menggerakkan turbin. Namun saya hanya yakin saja, kalau semua ini jika diperhitungkan secara cermat akan menghasilkan tenaga listrik.

Andaikan suatu gedung sekolah memiliki sumber tenaga listrik sendiri dari sirkulasi penampunagn air, pastinya akan dapat menghemat biaya listrik, dan PLN pun juga tidak akan krisis listrik, sebab sebagian gedung sudah dapat mandiri listrik.

Hayalan saya ini pastinya bukanlah sesuatu yang baru, sebab banyak sudah listrik dihasilkan dari bantuan kincir air yang digerkkan oleh air, namun sebagian besar semua itu dilakukan di sungai. Saya pribadi belum melihat hal ini dilakukan diperkotaan, andaikan sudah ada dan ada yang tahu mohon kabari saya, dan semoga juga ada yang sudah atau sedang membuat seperti hal ini.
Bagi yang suka fisika, mangga dibuka tanggapannya. Terimakasih

Dikutip dari :
http://endonesia-bebas.blogspot.com/2009/10/ide-hayalan-listrik-tenaga-sirkulasi.html?showComment=1390329047023#c2638698509929447422
Share this article :
 

Post a Comment

Sample Text

Powered by Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Expedition Adventure - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger